Makanan yang Mengandung Kolestrol Baik

Makanan yang Mengandung Kolestrol Baik - Ada dua jenis kolestrol, yaitu kolestrol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dan kolestrol jahat atau LDL (Low Denisity Lipoprotein). Jika kolestrol jahat berbahaya bagi kesehatan, kolestrol baik memiliki peran penting dalam menyeimbangkan kesehatan. Di dalam tubuh, kolestrol baik berfungsi seperti penyaring yang menurunkan dan mengolah kembali kolestrol jahat.

Karenanya, jika Anda kebetulan memiliki kolestrol tinggi atau terancam kolestrol jahat, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kolestrol baik. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung kolestrol baik.

Makanan yang Mengandung Kolestrol Baik

1. Oat

Oat adalah makanan berserat yang mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam pembuluh darah.

2. Gandum

Hampir sama seperti oat, gandum juga merupakan sumber makanan berserat tinggi. Mengonsumsi gandum akan membantu Anda mengontrol kadar kolestrol dalam darah. Gandum bisa didapatkan dalam produk roti.

3. Minyak Zaitun

Makanan-makanan yang dimasak menggunakan minyak zaitun terbukti menyehatkan, karena minyak zaitun mengandung antioksidan yang memerangi kolestrol jahat.

4. Biji Rami

Biji rami memiliki struktur menarik, dan membuat makanan memiliki cita rasa yang sedikit berbeda. Menyangkut nutrisinya, biji rami mengandung serat dan omega-3, yang berfungsi membantu menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, juga kanker.

5. Yoghurt

Bakteri dalam yoghurt mengandung enzim yang mampu melancarkan saluran pencernaan. Yoghurt juga mengandung kolestrol baik, yang mendukung kesehatan tubuh.

6. Avokad

Selain memiliki cita rasa yang nikmat, avokad mengandung lemak baik (HDL). Sementara kandungan lutein pada avokad berkhasiat dalam membantun meningkatkan kualitas kesehatan mata, dan kandungan klorofilnya merupakan sumber antioksidan.

7. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa telah diakui ampuh sebagai antibakteri, sekaligus mengandung vitamin K dan E serta zat besi. Beberap riset bahkan mengindikasikan minyak kelapa dapat membantu mengelola berat badan, karena mengurangi stres pada sistem endoktrin.

8. Ikan

Ikan salmon, sarden, hering, makarel, dan tuna, adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi kolestrol jahat (LDL), mengingkatkan kolestrol baik (HDL), mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, serta diabetes tipe 2.

9. Kacang-Kacangan

Umumnya, kacang-kacangan memiliki kandungan kolestrol jahat (LDL) yang rendah, namun mampu meningkatkan kolestrol baik, kenari, misalnya, mengandung asam lemak omega-3 yang membantu melindungi Anda dari jetak jantung abnormal yang mematikan dan pembekuan darah.

10. Cokelat Hitam

Jika dimakan dalam jumlah wajar atau tidak berlebihan,  cokelat hitam (dark chocholate) sangat biak untuk mendukung  kesehatan, khususnya dalam hal memerangi torites. Semakin gelap hitam (dark chocoholate) sangat baik untuk mendukung kesehatannya. Khususnya dalam hal memerangi kolestrol jahat. Semakin gelap cokelat, semakin baik pula kandungan nutrisinya.

Itulah sedikit informasi mengenai Makanan yang Mengandung Kolestrol Baik. Semoga dapat menambah wawasan bagi Anda.

Subscribe to receive free email updates: