Menu Makanan Sehat Pencegah Diabetes

Menu Makanan Sehat Pencegah Diabetes - Diabetes termasuk penyakit berat, dan bisa menyerang siapa saja, dari yang masih muda sampai yang sudah tua. Untungnya, ada beberapa makanan yang bisa membantu mencegah diabetes. Jika mencegah lebih baik daripada mengobati, makanan-makanan berikut ini bisa dijadikan sarana untuk menjauhkan diabetes dari hidup kita.

Menu Makanan Sehat Pencegah Diabetes

1. Blueberi 

Penelitian di Universitas of Michigan menunjukkan bahwa mengonsumsi dua persen kalori harian dari buah blueberi dalam waktu 90 hari mampu menurunkan lemak dalam perut. Selain itu, blueberi juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, serta menurunkan tingkat gula dalam darah.

2. Buncis

Buncis memiliki serat yang sulit dicerna. Karenanya, mengonsumsi buncis akan menjadikan sistem pencernaan bekerja lebih keras, dan membakar kalori lebih banyak. Selain itu, GI rendah dalam buncis tidak memengaruhi tingkat gula dalam darah. Anda bisa mengonsumsi buncis untuk menggantikan makanan dengan tingkat GI tinggi  seperti nasi putih.

3. Kacang

Semua jenis kacang sangat efektif digunakan untuk menurunkan berat badan dan mengontrol tingkat gula dalam darah. Kacang yang mengandung asam lemak omega-3 juga mampu menurunkan gula darah. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa  mengonsumsi kacang walnut setiap hari mampu mengurangi tingkat gula darah hingga delapan persen.

4. Cabai Merah

Capsaicin yang terkandung dalam cabai merah bisa membantu tubuh membakar lemak serta kalori, dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi cabai merah selama 10 minggu bisa menurunkan resiko obesitas, dan meningkatkan ketahanan insulin.

Demikianlah beberapa Menu Makanan Sehat Pencegah Diabetes yang dapat Anda jadikan sebagai konsumsi keseharian untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut.

Subscribe to receive free email updates: